• Senin - Jumat / 8.00 - 16.00
  • Jalan Merdeka, Komplek Reklamasi
  • (0656) 323749

STRUKTUR ORGANISASI

Pembentukan UPM (Unit Penjaminan Mutu) dilandasi oleh tekad dan keinginan politeknik Aceh Selatan untuk menjadi perguruan tingi vokasi yang berkualitas dan berdaya saing tinggi serta menjunjung tinggi budaya mutu. Dalam rangka mewujudkan jamnian mutu yang berkelanjutan, maka unit penjaminan mutu akan melakukan perbaikan-perbaikan secara terus menerus pada bidang pelayanan pendidikan akademik dan non akademik.

Sebagai sebuah unit kerja, UPM memiliki tatalaksana dalam menjalankan kegiatan penjaminan mutu. Adapaun stuktur organisasi UPM dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

 

Pedoman umum implementasi SPMI Poltas adalah sebagai berikut:

  1. Membentuk dan memfungsikan unit kerja yang berwenang dan bertanggungjawab untuk menerapkan SPMI dan memonitor penerapannya.
  2. Menyusun dan menetapkan kebijakan dan standar mutu serta prosedur penjaminan mutu.
  3. Menerapkan semua prosedur dan mekanisme untuk mencapai standar mutu secara fleksibel tanpa mengubah tujuan;
  4. Mendokumentasikan semua kebijakan, prosedur, dan standar mutu dengan baik dan dapat diakses dengan mudah oleh semua civitas akademika dan stakeholders
  5. Membangun dan menjaga hubungan koordinasi dan jejaring kerja (networking) yang efektif dan konstruktif dengan badan/institusi eksternal, terutama Badan Akreditasi Nasional dan Lembaga Profesi lainnya dalam penerapan SPM.
  6. Melakukan benchmarking yang efektif untuk meningkatkan mutu Poltas.

SIKLUS MUTU SPMI POLTAS :

Pada prinsipnya siklus spmi poltas mengacu pada siklus PPEPP. Siklus spmi yang telah ditetapkan oleh Unit Penjaminan Mutu (UPM) adalah upaya sistematis untuk peningkatan mutu pendidikan tinggi yang berkelanjutan. Implementasi Menyeluruh SPMI-Poltas diawali dalam bentuk implementasi satu siklus kegiatan penjaminan mutu.

Kegiatan satu siklus penjaminan mutu dilaksanalakan dalam waktu satu tahun atau satu kalender akademik dan akan diikuti oleh siklus yang sama tahun-tahun berikutnya. Satu Siklus kegiatan penjaminan mutu Poltas terdiri atas 7 komponen yaitu:

  1. Standar, berupa dokumen mutu tingkat institusi dan program studi;
  2. Pelaksanaan, yang berarti telah memiliki organisasi dan prosedur pelaksanaan pada tingkat instirusi dan program studi. Termasuk di dalamnya adalah sumber daya manusia untuk melaksanakan;
  3. Monitoring, yang dilakukan oleh unit tingkat di atasnya ataupun unit terkait;
  4. Evaluasi, dilakukan oleh satuan jaminan mutu program studi;
  5. Audit Mutu Akademik Internal, adalah audit kepatuhan yang secara internal dilakukan oleh tingkat institusi untuk program studi dan unit kerja di lingkungan Poltas.
  6. Rumusan rekomendasi, didasarkan pada temuan hasil kegiatan Audit Mutu Akademik Internal.

Peningkatan Mutu Berkelanjutan (Continuous Quality Improvement) di semua jenjang unit pelaksanaan akademik. “Satu Siklus” Implementasi “Satu Siklus” Penjaminan Mutu akan dikendalikan dan dikoordinasikan secara konsisten dan terus menerus di seluruh tingkat mulai universitas, fakultas, jurusan/bagian dan program studi. Kantor Jaminan Mutu UGM akan melakukan evaluasi kegiatan “Satu Siklus” Penjaminan Mutu untuk menyempurnakan siklus-siklus berikutnya.